Selasa, 10 Januari 2012

KURA-KURA DAN HAKIKAT BERAGAMA



Dalam cerita anak, hewan dari keluarga kura-kura kerap dilambangkan sebagai hewan yang lamban, bodoh, dan malas berpikir. Itulah mengapa, ia pun sering menjadi bulan-bulanan bangsa manusia dan hewan lainnya. Benarkah seperti itu? Kalau dilihat dari tampangnya, memang tidak berlebihan kalau keluarga kura-kura memiliki stereotipe negatif. Namun, di balik tampangnya yang kurang meyakinkan ada serangkaian keistimewaan yang tidak dimiliki oleh makhluk lain. Ambil contoh dalam konsep ketuhanan, gambaran tubuh kura-kura membawa sejumput pesan intimewa tentang sebuah hakikat kehidupan, di mana Tuhan menjadi sentralnya.
Lihatlah tubuh unik sang kura-kura. Ia memiliki satu kepala, sebuah batok bulat yang keras, empat kaki, dan sebuah ekor. Kepala, pada hakikatnya, menggambarkan satu Tuhan sebagai tujuan utama. Di sinilah pusat pemrograman yang akan memandu seluruh tubuh untuk berjalan menuju satu tujuan. Batok bulat menggambarkan sebuah bola dunia di mana seluruh kehidupan dan aktivitas manusia berada. Dalam konteks keumatan, batok pun menunjukkan sebuah kekuatan, harga diri, yang menjadi senjata ampuh untuk meredam setiap ancaman. Walau dia diam, namun kerasnya seperti batu. Empat kaki menggambarkan empat arah mata angin, Timur, Barat, Utara, dan Selatan. Dengan kaki-kaki inilah, setiap insan beriman yang hidupnya terpandu oleh satu tujuan di perintahkan untuk menjelajahi keempat penjuru mata angin untuk mencari dan menemukan rezeki dan beragam ayat-ayat Ilahi. Adapun ekor menggambarkan seorang hamba yang telah mengikrarkan diri untuk menjadikan kehendak Tuhan di atas kehendak dirinya, sehingga apa yang Dia perintahkan, niscaya akan diikutinya. Bukankah ekor bergantung pada ke mana kepala pergi?
Itulah wujud kura-kura. Ada sejumput pelajaran berharga di balik kelambanan dan “kebodohannya”. Hal ini tampaknya disadari betul oleh para ulama kita terdahulu. Jika Anda pernah berjalan-jalan ke kota Kudus, di Jawa Tengah, Anda akan mendapati kura-kura sebagai ikon kota para wali tersebut. Sunan Bonang, sang pendiri kota, yang berasal dari Al-Quds (Palestina)—sehingga nama Kudus diambil dari kata Al-Quds—seakan ingin menjadikan kota dengan semua penduduknya sebagai hamba-hamba yang tunduk, patuh, dan taat kepada Allah dalam naungan Islam yang kuat.
Sejatinya, pelajaran tentang kura-kura, tidak sekadar dari bentuk fisiknya, tetapi juga dari siklus kehidupannya. Lihatlah, siklus hidup penyu, sejak ia dilahirkan sampai hari kematiannya, mencerminkan tahap-tahap perjalanan hidup manusia. Keluarga kura-kura—khususnya jenis penyu, ditetaskan oleh induknya di pantai, kemudian mereka berenang menuju lautan sebagai habitat tempat ia mencari penghidupan, menempa diri, meraih sebanyak mungkin hakikat hidup, mengarungi kedalaman lautan untuk menyaksikan beragam karunia Allah di dalamnya, sekaligus tempat perjuangan untuk mempertahankan eksistensi dirinya. Setelah puas dan cukup waktu, ia pun akan meruaya kembali ke daratan untuk kawin, bertelur, dan melahirkan anak-anaknya sebagai generai penerus mereka. Di daratan ini pula sebagian dari mereka menghembuskan napas terakhirnya. Ya di daratanlah mereka dilahirkan, di tempat yang sama pula mereka meninggal.
Ini hakikat terdalam perjalanan hidup manusia. Dari Allah-lah ia bermula, dan dalam pangkuan Ilahi pula ia berakhir. Maka, apa pun yang dihadapinya di lautan kehidupan, akan tetapi muaranya harus senantiasa satu: Allah. Sebab, di sanalah akhir perjalanan semua kehidupan. (EMSOE ABDURRAHMAN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar