Senin, 09 Januari 2012

SEBUAH KESIMPULAN BERNAMA KEMATIAN


Hakikat hidup bukanlah apa yang kita ketahui,
bukanlah buku-buku yang kita baca atau kalimat-kalimat
yang kita pidatokan, melainkan apa yang kita kerjakan,
apa yang paling mengakar di hati, jiwa, dan inti kehidupan kita.
Itulah yang akan kita ucapkan saat kematian kita.”

— Emha Ainun Nadjib —

Beberapa waktu lalu, seorang teman mengirimkan sebuah kisah ke email. Kisah ini sangat menyentuh sehingga “memaksa” diriku untuk merenungkan dan menilai kembali perjalanan hidup selama ini. Boleh jadi, Anda sudah pernah membaca kisah ini, akan tetapi tidak ada salahnya apabila saya hadirkan kembali untuk Anda. Berikut petikannya:
Sebut saja Roynan. Dia adalah seorang pemuda yang lahir di lingkungan keluarga yang agamis. Dia memiliki seorang ayah yang disibukkan dengan rutinitas kegiatan keagamaan atau lebih dikenal dengan sebuatan ustaz. Ibunya pun seorang ustazah yang sering mengisi pengajian di banyak majelis taklim. Ketika masih di bangku sekolah, Roynan selalu mendengar doa-doa ibunya. Demikian pula ayahnya, beliau selalu dalam shalatnya yang panjang. Walaupun terasa berat, perlahan tapi pasti Roynan pun mengikuti anjuran kedua orangtuanya untuk bisa memaksimalkan pemahaman agamanya. Di kampungnya, Roynan termasuk anak yang tidak banyak tingkah dan taat beribadah. Ia pun tumbuh menjadi pemuda yang matang.
Sampai akhirnya dia harus meneruskan pendidikan polisi ke suatu daerah sehingga jauh dari orangtua. Pendidikan dan pergaulan barunya telah mengubah banyak hal dari seorang Roynan. Jika sebelumnya dia selalu shalat pada awal waktu dan berjamaah, sekarang ia lebih sering shalat pada akhir waktu. Amalan-amalan yang dulu sering ia praktikkan bersama kedua orangtuanya, bangun shalat malam, shalat Dhuha dipagi hari, puasa sunnah sudah semakin jarang ia kerjakan. Sebenarnya, ia pun sadar kalau dirinya semakin jauh dari Allah Swt.
Setelah tamat dari pendidikan tersebut, Roynan ditugaskan di kota yang jauh dari kotanya. Perkenalannya dengan teman-teman sekerja membuatnya agak ringan menanggung beban sebagai orang terasing. Namun sayang, pekerjaan dan pergaulan barunya semakin menjauhkan Roynan dari Allah. Kini, jangankan shalat sunnat, shalat wajib pun sering ditinggalkan, bacaan Al-Quran yang pada masa pendidikan masih sering dia baca, kini tidak pernah lagi terucap dari lisannya. Dunia baru yang dijalani Roynan benar-benar telah mengubahnya. Roynan ditugaskan untuk menjaga keamanan dan mengatur lalu lintas di sebuah jalan tol, serta membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan. Pekerjaan ini terbilang menyenangkan bagi Roynan. Itulah mengapa, ia berusaha melaksanakan tugasnya dengan dedikasi tinggi.
Namun, di tengah kesibukannya itu, ia merasakan kalau hidupnya menjadi kering kerontang, tidak punya pondasi bagai selalu diombang-ambingkan ombak. Di sela-sela malam, ia seringkali merenung dan melamun sendirian. Ia merasa sebatang kara. Setiap hari ia hanya menyaksikan mobil yang berlalu lalang, kecelakaan lalu lintas, orang-orang yang mengadu kecopetan atau bentuk-bentuk penganiayaan lain. Ia merasakan kejenuhan yang tak terhingga dengan rutinitas yang ia lakukan.
Suatu hari, terjadilah peristiwa mengerikan yang hingga kini tidak pernah ia lupakan. Ketika itu, ia dan seorang rekannya sedang bertugas di sebuah pos jalan. Mereka asyik ngobrol. Tiba-tiba mereka dikagetkan oleh suara benturan yang amat keras. Mereka mengedarkan pandangan. Terlihat oleh mereka sebuah mobil bertabrakan dengan mobil lain yang meluncur dari arah yang berlawanan. Keduanya segera berlari menuju tempat kejadian untuk menolong korban. Kejadian itu sangatlah tragis. Dua awak salah satu mobil dalam kondisi kritis. Dengan susah payah, kedua korban tersebut berhasil di keluarkan dari mobil untuk kemudian dibaringkan di pinggir jalan. Roynan dan rekannya cepat-cepat menuju mobil yang satunya lagi. Ternyata, pengemudinya telah tewas dengan sangat mengerikan.
Mereka kembali lagi kepada dua orang yang berada dalam kondisi koma. Temannya menuntun mereka mengucapkan kalimat syahadat. Ucapkanlah, “Lâ ilâha illallâh … Lâ ilâha illallâh…! perintah temannya.
Namun, sungguh mengerikan, dari mulut si korban malah terucap bait-bait lagu. Keadaan itu membuat Roynan merinding. Tampaknya, rekan Roynan sudah biasa menghadapi orang-orang yang sekarat, ia kembali ia menuntun korban itu membaca syahadat.
Roynan diam membisu. Seumur hidupnya, ia belum pernah menyaksikan orang yang sedang sekarat, apalagi dengan kondisi seperti itu. Adapun temannya terus menuntun kedua korban tersebut dengan mengulang-ulang bacaan syahadat.
Namun sayang, keduanya terus saja melantunkan lagu. Tak ada gunanya! Suara lagunya terdengar semakin melemah! Lemah dan lemah sekali. Orang pertama diam, tak bersuara lagi, disusul orang kedua. Tak ada gerak ... keduanya meninggal dunia. Sampai akhirnya mereka segera membawa jenazah ke dalam mobil. Temannya menunduk, ia tak berbicara sepatah pun.
Selama di perjalanan yang ada hanyalah kebisuan. Hening dan sepi. Kesunyian pecah ketika rekannya itu angkat bicara. Ia berbicara tentang hakikat kematian dan su’ul khatimah (kesudahan yang buruk). “Manusia akan mengakhiri hidupnya dengan baik atau buruk. Kesudahan hidup itu biasanya pertanda dari apa yang dilakukan olehnya selama di dunia,” ujarnya.
Ia bercerita panjang lebar tentang berbagai kisah yang diriwayatkan dalam buku-buku Islam yang pernah dibacanya. Ia juga berbicara bagaimana seseorang akan mengakhiri hidupnya sesuai dengan masa lalunya secara lahir batin.
Perjalanan ke rumah sakit terasa singkat oleh pembicaraan mereka tentang kematian. Pembicaraan itu makin sempurna gambarannya karena mereka sedang membawa mayat. Tiba-tiba Roynan menjadi takut mati. Peristiwa ini benar-benar memberi pelajaran berharga baginya. Hari itu, ia bisa shalat dengan khusyuk.
Setelah sekian lama, Roynan perlahan-lahan mulai melupakan peristiwa itu. Ia kembali pada kebiasaan lamanya di tempat kerja. Sepertinya, ia tidak pernah menyaksikan apa yang menimpa dua orang yang mati di jalan raya beberapa waktu lalu. Walau demikian, sejak melihat peristiwa itu, Roynan menjadi tidak suka pada yang namanya lagu-lagu. Mungkin ia trauma mendengar lagu-lagu yang diucapkan oleh orang yang tengah sekarat.
Selang enam bulan kemudian, sebuah kejadian menakjubkan kembali terjadi di depan mata Roynan. Ada seorang lelaki mengendarai mobilnya dengan pelan. Tiba-tiba mobilnya mogok di sebuah terowongan menuju kota. Lelaki ini pun turun dari mobilnya untuk mengganti ban yang kempes. Ketika ia berdiri di belakang mobil untuk menurunkan ban serep, tiba-tiba sebuah mobil dengan kecepatan tinggi menabraknya dari arah belakang. Lelaki ini pun langsung tersungkur seketika.
Roynan dengan seorang kawannya, dan bukan orang yang menemaninya pada peristiwa pertama, cepat-cepat menuju tempat kejadian.
Mereka berusaha membawa korban ke rumah sakit dengan mobil agar bisa langsung mendapat penanganan. Korban tersebut masihlah sangat muda belia, wajahnya sangat bersih. Ketika mengangkatnya ke mobil, keduanya merasa panik sehingga tidak sempat memperhatikan kalau pemuda itu menggumamkan sesuatu. Ketika korban dibaringkan di dalam mobil, Roynan dan kawannya baru bisa membedakan suara yang keluar dari mulut si pemuda.
Sang korban melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran dengan suara amat lemah. Padahal, kondisinya sangat memprihatinkan, darah segar mengguyur seluruh pakaiannya, tulang-tulangnya patah, bahkan ia hampir mati. Dalam kondisi seperti itu, ia terus melantunkan ayat-ayat Al-Quran dengan suaranya yang merdu.
Selama ini, Roynan tak pernah mendengar bacaan Al-Quran seindah itu, apalagi dari seseorang yang tengah sekarat. Dalam batin Roynan bergumam sendirian. Roynan akan menuntunnya membaca syahadat sebagaimana yang dilakukan oleh temannya terdahulu. Ia pun berusaha meyakinkan dirinya. Namun, Roynan dan kawannya seperti terhipnotis mendengarkan suara bacaan Al-Quran yang merdu itu. Sekujur tubuh Roynan bergetar menjalar dan menyelusup ke setiap rongga tubuhnya sehingga tanpa ia sadari matanya leleh dengan air mata.
Namun tiba-tiba, suara itu terhenti. Roynan pun terhentak dan menoleh ke belakang. Ia sangat kaget, ia menyaksikan korban tersebut mengacungkan jari telunjuknya lalu bersyahadat. Kepala korban terkulai, Roynan melompat ke belakang dan langsung memegang tangannya, degup jantungnya, nafasnya, tidak ada yang terasa. Dia telah meninggal. Roynan lalu memandanginya lekat-lekat. Air mata Roynan semakin menetes. Ia berusaha untuk menyembunyikan tangisnya karena takut diketahui oleh kawannya. Kemudian, dengan terisak ia pun berkata kepada kawannya kalau pemuda itu telah meninggal. Kawannya tak kuasa menahan tangis sehingga keduanya pun larut dalam tangis dan kesedihan yang luar biasa.
Sampai di rumah sakit, kepada orang-orang di sana, mereka mengabarkan perihal kematian pemuda itu dan peristiwa menjelang kematiannya yang menakjubkan. Banyak orang yang terpengaruh dengan kisah mereka sehingga tak sedikit yang meneteskan air mata. Salah seorang dari mereka, ketika mendengar kisahnya, segera menghampiri jenazah dan mencium keningnya. Semua orang yang hadir memutuskan untuk tidak beranjak sebelum mengetahui secara pasti kapan jenazah akan dishalatkan. Mereka ingin memberi penghormatan terakhir kepada jenazah.
Salah seorang petugas rumah sakit menghubungi rumah almarhum. Mereka ikut mengantar jenazah hingga ke rumah keluarganya. Seorang saudaranya mengisahkan kalau almarhum hendak menjenguk neneknya di desa. Pekerjaan itu rutin ia lakukan setiap hari Senin. Di sana, almarhum juga menyantuni para janda, anak yatim dan orang-orang miskin.
Memang, ketika diperiksa, mobil anak muda tersebut dipenuhi dengan beras, gula, buah-buahan dan barang-barang kebutuhan pokok lainnya. Di dalam mobilnya juga terdapat buku-buku agama dan kaset-kaset pengajian. Semua itu untuk dibagi-bagikan kepada orang-orang yang dia santuni. Bahkan, ia pun membawa permen untuk dibagikan kepada anak-anak kecil.
Mendengar cerita itu, Roynan serasa disamber petir, kembali ia teringat pesan-pesan yang sering dilantunkan oleh kedua orang tuannya saat ia kecil, ayahnya yang tidak bosan-bosan memberikan pemahaman kepadanya kalau nanti dewasa ia agar bisa senantiasa berbuat baik kepada sesama manusia, supaya senantiasa menjaga tali persaudaraan (silaturahim) dengan keluarga, senantiasa menyayangi fakir dan miskin, menyayangi yatim piatu, dan kebaikan-kebaikan lainnya. Namun itu semua hanya sebatas angin lewat. Setelah dewasa dan bekerja, ia lupa semua wejangan tersebut.
Setelah proses pengurusan di rumah sakit selesai dan keluarga dari korban pun telah berdatangan, ada yang mengurus administrasi agar jenazah korban dibawa pulang dan diurus pemakamannya, Roynan beserta temannya pun pamit undur diri dari rumah sakit. di dalam perjalanan pulang mereka hening dan tidak bergumam. Keduanya masih terpana menyaksikan kejadian yang sangat luar biasa yang baru saja berlangsung. Roynan hanya berkata kepada temannya kalau bisa kita bisa mengikuti apa yang dilakukan pemuda itu yang kemudian kawannya pun cuma menggangguk mengiyakan. Mereka pun berpisah untuk pulang ke tempatnya masing-masing.
Peristiwa itu telah membawa hidayah bagi Roynan. Dia bertekad untuk kembali menjalankan segala nasihat-nasihat yang dulu pernah disampaikan oleh kedua orang tuanya ketika ia kecil. Kebiasaan-kebiasaan baik yang selama ini ia tinggalkan pun kembali ia jalankan dan amalkan kembali. Tidak hanya ibadah-ibadah wajib, ia pun berusaha untuk mengerjakan ibadah-ibadah sunnah dan berbagi dengan sesama.
Kisah berikutnya adalah tentang seorang nenek yang menghabiskan seluruh hidupnya untuk mendidik lima belas keponakannya. Nenek Jubaedah, demikian namanya, adalah seorang wanita tua yang telah berusia lebih sepuluh windu. Pasa saat terakhir hidupnya, ia menderita sakit yang menyebabkannya harus dirawat di sebuah rumah sakit. Mengingat usia nenek Jubaedah yang telah lanjut, dokter memberikan penjelasan yang rasional kepada keluarga nenek mengenai tipisnya peluang beliau untuk bertahan. Pada dasarnya, keluarga besar nenek Jubaedah sudah ikhlas dan merelakan nenek untuk kembali ke rahmatullah. Sebab selain usianya yang telah sangat lanjut, sekitar 40 tahun yang lalu nenek sudah pernah terkena serangan penyakit berat (Hepatitis B) dan sudah diduga penyakitnya tersebut akan berkembang secara kronis. Di luar dugaan, Nenek Jubaedah mampu bertahan sampai ke usia yang sedemikian lanjut.
Setelah dua hari dirawat di rumah sakit karena pendarahan saluran cerna bagian atas, kesadaran nenek Jubaedah pun semakin menurun. Pada saat-saat terakhirnya, dokter datang dan melakukan pemeriksaan. Karena kondisi nenek sudah sedemikian kritis, maka dokter memutuskan untuk mendampingi nenek sampai detik-detik terakhir kehidupannya. Bergantian keluarga membimbing nenek bertalqin.
Setelah berlangsung beberapa saat, Pak Dokter menyampaikan pada keluarga bahwa nenek telah berpulang, denyut nadinya sudah tak teraba lagi dan juga hembusan napasnya sudah total berhenti. Serentak semua anggota keluarga berucap “Innalillâhi wa innaillaihi râji’ûn .…” Sebagian keluarga yang sangat dekat secara emosional dengan nenek menangis tersedu. Sebagian lainnya larut dalam berjuta kenangan indah bersama nenek. Namun, tiba-tiba nenek terbangun, membuka mata, dan mengucapkan dengan lafal yang sangat jelas, “La illâha illallâh!” Seluruh keluarga, dokter, dan perawat yang hadir di ruangan itu sontak terkejut dan terdiam. Seusai mengucapkan kalimat suci tersebut, tubuh nenek kembali terkulai dan menutup mata untuk selama-lamanya.
Peristiwa ini sangat membekas di benak semua orang yang hadir. Namun, sebagian besar memaklumi mengapa peristiwa yang sangat hebat itu bisa terjadi. Sangat wajar apabila nenek Jubaedah meninggal dalam keadaan khusnul khatimah, mengingat sepanjang hidup, ia mendedikasikan umurnya hanya untuk kebaikan. Sejak gadis, Nenek Jubaedah tidak pernah menikah dan berkeluarga. Ia tinggal dan ikut bersama kakaknya yang telah menikah dan bersuamikan seorang insinyur. Dalam keluarga muda ini, nenek Jubaedah bertugas mengasuh dan mendidik keponakan-keponakannya. Tidak tanggung-tanggung keponakannya itu berjumlah 15 orang. Karena sudah larut dalam keasyikan mengasuh dan mendidik, nenek Jubaedah memutuskan untuk tidak berkeluarga. Ketika kakaknya dan kakak iparnya telah meninggal dunia, jadilah nenek Jubaedah sebagai orangtua tunggal bagi ke-15 kemenakannya tersebut.
Alhamdulillah, ke-15 orang anak asuhnya tersebut tumbuh menjadi orang-orang penting di Indonesia: sepuluh orang merupakan alumnus ITB, satu orang lagi dokter lulusan Unair, seorang insinyur peternakan dari Unpad, seorang sarjana sospol dari Unpad, dan si bungsu studi di Fakultas Psikologi. Saat berkarier dan membina hidup anak-anak asuhnya ini menjadi orang yang insya Allah saleh dan salehah, setelah sukses mereka banyak menyantuni kaum dhuafa dan anak yatim piatu.
Rasa persaudaraan antara mereka pun sangat kuat. Jika satu berhaji, saudara lainnya yang belum mampu pun akan ia hajikan bersama. Dua orang di antara mereka menjadi wakil menteri, selebihnya memiliki prestasi dalam bidangnya masing-masing. Yang jelas, bukanlah masalah pangkat dan jabatan atau kedudukan, melainkan kesalehan sosial mereka yang sangat menonjol dan luar biasa. Nenek Jubaedah yang menghabiskan waktunya untuk mendidik orang-orang yang luar biasa ini, pada akhirnya meninggal dengan hanya menempatkan asma Allah Swt. sebagai satu-satunya bekal untuk kelak dihisab nanti. Ruang hatinya yang selama ini penuh dengan kelembutan dan kehangatan kasih sayang, kini menjelma menjadi ruang yang mampu menampung kebesaran asma Allah, Subhanallah!
Kematian adalah sebuah kesimpulan. Seluruh hidup kita, berapa tahun pun kita hidup di dunia, seolah-olah disimpulkan pada detik-detik terakhir tersebut. Sakaratul maut seolah menjadi rangkuman atau esensi dari seluruh isi buku kehidupan yang kita tulisi. Maka, beruntunglah mereka yang meninggal dalam keadaan terbaik, tenang, tenteram, damai, atau ketika iman sedang kuat-kuatnya. Sebaliknya, rugilah mereka yang meninggal dalam keadaan terburuk, ketika hati sedang lalai dan jauh dari Allah, ketika hubungan dengan manusia tengah berada pada titik nadir. Dalam kisah tersebut, kita dapat menilai mana ”kematian yang baik” dan mana ”kematian yang buruk”. Indikasinya terlihat dari ”the last words” alias ”kata-kata terakhir” yang diucapkan si pelaku.  
Sejatinya, sakaratul maut menandai peristiwa sakitnya kematian. Sebelum nyawa tercerabut dati jasad, manusia akan mengalami pedihnya proses sakaratul maut. Ketika itu, setelah sekian lama bersama dalam suka dan duka, setiap anggota tubuhnya akan saling mengucapkan selamat berpisah kepada satu sama lain. Rasulullah saw melukiskan realitas tersebut, “Sesungguhnya, semua manusia pasti mengalami sakaratul maut, dan sesungguhnya sendi-sendi tulangnya, masing-masing mengucapkan salam perpisahan kepada yang lain seraya berkata, ’Semoga kamu sejahtera. Kamu berpisah dariku, dan aku pun berpisah darimu sampai hari Kiamat’.”
Proses itu sungguh menyakitkan dan suatu peristiwa yang sangat dahsyat. Lebih sakit dari pada dipenggal dengan pedang, disayat dengan gergaji, atau dipotong dengan gunting. Hal tersebut sangat bisa dimengerti, sebab sakitnya kematian mengaktifkan semua saraf rasa sakit di dalam tubuh. Jangankan semua sebagian kecil saja terusik, semisal kaki tertusuk duri, sakitnya sudah mengerikan, apalagi jika yang ditusuk duri adalah semua bagian tubuh kita, dari yang terkecil hingga yang terbesar. Yang jelas, Allah Swt telah mengingatkan, “Alangkah dahsyatnya sekiranya kamu melihat di waktu orang-orang yang zalim berada dalam tekanan sakratul maut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya, (sambil berkata), ’Keluarkanlah nyawamu’ ....” (QS Al-An’am, 6:93)
Itulah mengapa, jangankan kita sebagai manusia biasa, para Nabi pun mengalami kejadian yang sama saat nyawa mereka dicabut. Allah Swt bertanya kepada Nabi Ibrahim, bagaimanakah rasanya kematian? Ibrahim Khalilullâh pun menjawab, “Bagaikan batang besi pemanggang daging yang dipanaskan, dimasukan ke dalam wol basah, lalu ditarik dengan keras.” Allah Swt berfirman, “Padahal sungguh, Kami telah meringankannya untukmu, wahai Ibrahim,” Begitu pula ketika ruh Nabi Musa ditanya tentang rasanya kematian? Dia menjawab, ”Kurasakan diriku seperti seekor burung kecil yang digoreng hidup-hidup di wajan. Tidak mati, maka akhirnya bisa tenang, dan tidak pula selamat, maka akhirnya bisa terbang.” Dalam riwayat lain, Nabi Musa berkata, “Kurasakan diriku seperti seekor kambing yang dikuliti hidup-hidup oleh tukang jagal.”
Dalam sebuah hadis, Rasulullah saw bersabda ketika seorang sahabat bertanya perihal kematian yang paling mudah, “Kematian yang paling mudah,” kata Nabi, “adalah serupa dengan sebatang pohon duri yang menancap pada selembar kain sutra. Apakah batang pohon duri itu dapat diambil tanpa membawa serta bagian kain sutra yang terkoyak?” (HR Abid Dunya)
Gambaran akan sakitnya rasa sakit, sebagaimana disebutkan dalam keterangan di atas, tanda-tandanya boleh jadi pernah kita saksikan dalam kadar sebagai pengamat bukan sebagai pelaku. Seorang kawan pernah bercerita tentang proses sakaratul maut salah satu tetangganya. Kata dia, tetangganya itu memiliki tabiat buruk, sering menyakiti orang lain, tidak baik dengan tetangga, bahkan dengan anak-anak dan istrinya. Beberapa minggu sebelum kematiannya, ia sempat mengusir adik iparnya yang tengah sakit hanya karena ikut menumpang di rumahnya selama beberapa hari. Menjelang kematiannya, seminggu lamanya ia mengalami sakaratul maut yang mengerikan, muntah darah, kejang-kejang, mata terbelalak, menjerit-jerit, napasnya berat seakan nyawa sudah di tenggorokan. Akan tetapi, ia tidak kunjung meninggal hingga satu minggu kemudian.
Walau menyakitkan, dalam banyak kasus, ditemukan pula orang-orang yang proses sakaratul mautnya terlihat sangat mudah, tenang, seakan tidak merasa sakit, seperti hendak pergi tidur saja layaknya. Jika tetangga kawan saya harus melewati sakaratul maut dengan kondisi yang menyedihkan dan menakutkan, lain lagi cerita tetangga saya yang satu lagi. Ia adalah seorang bapak yang sangat perhatian kepada keluarganya, ahli shalat, gemar menolong orang, pemakmur masjid, baik kepada tetangga, dan sederet sikap-sikap positif lainnya. Ia meninggal persis setelah menunaikan shalat. Kata istrinya, sebelum meninggal, bapak ini sehat-sehat saja, tidak mengidap penyakit jantung, ataupun penyakit lainnya, sehingga aneh juga kalau ia mati mendadak. Yang jelas, proses sakaratul mautnya sangat cepat, mudah, dan damai, seperti orang yang tidur dalam keadaan bahagia. Ada juga seorang guru yang sangat saleh, sebelum meninggal ia sempat sakit selama 2-3 hari. Menjelang saat-saat terakhir kematiannya, ia masih sempat bangun dari tidurnya untuk menunaikan shalat Isya, berzikir, dan berdoa. Setelah itu, ia menghampiri bagian depan rumahnya, membuka-buka gorden kaca depan dan pintu. Saat ditanya istrinya, ia menjawab kalau ada dua orang tamu yang hendak datang ke rumah malam itu, dan keduanya sudah datang. Namun, si istri tidak melihat ataupun mendengar adanya tamu yang datang. Dia pun menyuruh sang suami untuk kembali ke tempat tidur. Dua jam kemudian, sang suami itu meninggal dengan tenang dan mudah. Kedua tamu tersebut, boleh jadi malaikat yang hendak menjemputnya. Karena kesalehannya, Allah Swt telah memberikan tanda-tanda gaib kepada orang tersebut.
Bagaimana menjelaskan fenomena ini? Pada satu sisi disebutkan bahwa kematian itu adalah peristiwa yang teramat berat dan menyakitkan sehingga tidak seorang pun sanggup menghadapinya. Namun, pada sisi lain, di samping ada orang-orang yang proses sakaratul mautnya sangat memilukan, ada pula orang-orang tertentu yang kematiannya begitu mudah seakan tidak merasakan apa-apa, bahkan seulas senyum tersungging dari bibir mereka. Mereka pun sempat shalat, memberi wasiat, dan melakukan amal saleh lainnya. Apakah kematian hanya dirasakan sakit oleh sebagian orang dan tidak dirasakan sakit oleh sebagian lainnya?
Proses kematian itu, baik mendadak ataupun perlahan-lahan, sebagaimana diungkapkan dalam banyak riwayat, semuanya melalui ambang batas rasa sakit yang teramat tinggi. Intensitas sakit yang dirasakannya sama, yang membedakannya adalah faktor durasi, ada yang pendek dan ada yang panjang. Dengan demikian, kita dapat berkata bahwa tidak ada orang yang meninggal yang tidak merasakan sakit.
Ketika seseorang meninggal, setidaknya ada dua persyaratan yang harus terpenuhi. Pertama, kematian itu disebabkan oleh kerusakan sebagian atau keseluruhan organ tubuh yang mengakibatkan tidak berfungsinya batang otak. Kedua, kematian disebabkan karena tubuh—secara fisik atau biologis—tidak mampu lagi untuk mengakomodasi kehadiran ruh. Hipotesisnya dapat kita lihat dari alam rahim, mengapa seorang janin itu sudah ditiupkan ruh kepadanya, sehingga jantung berdetak, bernapasan berfungsi, tidak pada hari pertama pembuahan? Hari pertama itu adalah kehidupan vegetatif di antara dua sel benih pria dan wanita, akan tetapi belum menjadi kehidupan yang sesungguhnya, baru kehidupan tingkat sel saja. Setelah ada persyaratan yang terpenuhi, di mana jumlah selnya memadai, barulah kemudian dapat mengembangkan fungsi-fungsi yang lebih itu. Inilah yang kemudian disebut kehidupan. Ketika jantung mulai berdenyut, sekitar minggu ke-8, pada saat itulah seorang calon manusia sudah memiliki kemampuan untuk menerima kehadiran ruh yang memiliki kemampuan metakognitif yang lebih tinggi yang akan mengatur seluruh kehidupan kita
Ketika organ tubuh sudah berkurang dari ambang batas mampu bekerja secara optimal, misalnya kerusakan organ ginjal atau ginjal kiri dan kanan kita sudah 90 persen, tubuh pun kita akan mengeluarkan respons peradangan yang sistemik dan menyeluruh, kemudian menghasilkan kematian jaringan yang meluas. Hal ini kemudian merangsang dan menimbulkan timbulnya zat kimia dari derivat (turunan) zat asam arakidonat (metanol arakidonat) yang menimbulkan kesakitan. Contoh ringannya ketika kita jatuh dari tangga dan kemudian kaki kita lebam, saat itulah asam arakidonat akan bekerja, dan rasa sakitnya akan terasa ke mana-mana. Dapat dibayangkan jika 90 persen tubuh kita mengalami luka seperti kaki yang memar ketika jatuh tersebut. Maka, suatu kematian yang melalui syarat 90 persen anggota tubuh tidak lagi mampu mengakomodasi hadirnya ruh sehingga sudah dapat ditebak bagaimana rasa sakit yang akan dirasakan. Rasa sakitnya sudah di luar ambang batas!
Walaupun demikian, kita pun harus meyakini bahwa Allah Mahakuasa untuk meringankan rasa sakit pada saat kematian asalkan kita layak untuk mendapatkan keringanan dari-Nya. Seorang ulama mengatakan bahwa sakaratul maut itu aslinya adalah sakit. Namun ada faktor-faktor ekstern alias faktor luar yang bisa meringankan atau sebaliknya semakin memperberat rasa sakit tersebut. Amal kebajikan itu akan mampu meringankan beratnya sakaratul maut, sedangkan kemaksiatan akan semakin memperberat rasa sakitnya. Diiris dengan pisau itu sakit, akan tetapi tidak akan terasa sakit apabila dibius terlebih dahulu. Dicabut gigi pun tidak kalah menyakitkan, akan tetapi menjadi tidak terasa sakitnya apabila “disuntik kebal” dulu sebelumnya. Sebaliknya, akan semakin pedih dan menyakitkan apabila luka irisan atau robekan akibat gigi yang tanggal tersebut dikucuri cuka atau alkohol. Kita berharap kematian seperti inilah yang kita harapkan.
Pertanyaan selanjutnya adalah, mengapa ada orang yang dalam kondisi sakit yang berat seperti itu mampu dengan tulus mengucapkan kalimat thayyibah atau ucapan lain—di rumah sakit misalnya banyak pasien yang mengatakan ”dokter bodoh” karena ia menganggap dokter yang merawatnya tidak kompeten. Mengapa? Yang namanya memori dalam pikiran manusia itu memiliki hierarki; hierarki of memory. Jadi, memori yang mendasari dan menjadi cerminan dari kesejatian diri kita itulah yang paling akan dipertahankan oleh otak. Memori terdalam manusia dalam perilaku biologis adalah perilaku mempertahankan kehidupan dengan cara mencari makan untuk menghindari kematian. Akan tetapi, dalam peta kognitif yang menjadi memori terdalam biasanya adalah cita-cita, harapan, tujuan yang menjadi orientasi dan yang mendasari semua aktivitas dalam kehidupan. Jadi, kalau seandainya seorang pasien yang kata-kata terakhirnya adalah ”dokter bodoh”, hakikatnya itu adalah ekspresi kemarahan karena yang paling berharga bagi dirinya adalah kehidupan. Ketika ia merasa kalau dokternya tidak bisa menolongnya untuk menghindari kematian, dia merasa hidupnya terancam sehingga yang bersangkutan akan melontarkan kemarahannya itu. Hal ini mengindikasikan bahwa orang yang bersangkutan terlalu mencintai kehidupan dan hidupnya didominasi oleh kebencian. Kalau yang dikatakannya adalah wanita-wanita simpanannya, sesuatu yang paling dan teramat dicintainya di dunia ini bukan Allah, akan tetapi wanita-wanita simpanannya itu.
Semua itu sesungguhnya tersimpan di amigdala. Kalau di amigdalanya seseorang itu anti sosial, ketika sakaratul mautnya pun yang keluar adalah kemarahan dan caci maki. Ketika yang ada adalah cinta, akan tetapi cintanya tidak terarah, maka yang disebut adalah istri-istri simpanannya. Ketika kita sudah bisa mengarahkan bahwa hidup kita semata-mata untuk ibadah, otomatis yang keluar adalah Allah. Karena amigdala letaknya paling dalam dan paling tersembunyi, ia pun tidak bisa dimanipulasi sebagaimana bagian-bagian yang lain.
Ada ungkapan menggelitik dari seorang Emha Ainun Nadjib tentang peristiwa sakaratul maut. Ia mengatakan, ”Apa yang mengendap di bawah sadar manusia adalah apa yang ia intensifi dalam hidupnya. Yang muncul di mulut mereka ketika tak sadar itu bukanlah ilmu pengetahuan atau apa saja yang bisa dikendalikan atau dirancang oleh ’perintah otak atau kehendak’ melainkan hakikat hidup. Hakikat hidup bukanlah apa yang kita ketahui, bukanlah buku-buku yang kita baca atau kalimat-kalimat yang kita pidatokan, melainkan apa yang kita kerjakan, apa yang paling mengakar di hati, jiwa, dan inti kehidupan kita! ... Seluruh hakikat hidup kita mengemukakan dirinya secara jujur, tak bisa kita rencanakan, tak bisa kita politisasi dan kita manipulasi!" (EMSOE ABDURRAHMAN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar